C# PROGRAMMING





   

Disusun oleh :
Chaidir Syamsul


GENETIC COMPUTER SCHOOL - UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR









KATA PENGANTAR
     Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang Bahasa Pemograman C# ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga saya berterima kasih pada Mustamin Tewa selaku Dosen mata kuliah C# Programming yang telah memberikan tugas ini kepada saya.
      
      Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai kegunaan dari Bahasa Pemograman C# , dan juga mengenal lebih dalam materi tersebut. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.




Makassar, 13 Juni 2017


CHAIDIR SYAMSUL



DAFTAR ISI

Halaman Judul............................................................... i
Kata Pengantar............................................................... ii
Daftar Isi......................................................................... iii
BAB 1............................................................................. 1
BAB 2............................................................................. 2
BAB 3............................................................................. 19

DAFTAR PUSTAKA.......................................................... 20







BAB 1
(Pendahuluan)

A.   Latar Belakang
Diera modern saat ini perkembangan teknologi sangat pesat dengan demikian kegiatan sehari-hari ini dapat lebih mudah  dengan banyaknya dibuat beberapa program sederhanauntuk aktifitas sehari-hari yang dapat lebih efisien dan efektif tanpa memerlukan tenaga kerja yang banyak contoh program menyeleksi nilai di bidang pendidikan agar dapat meminimalisasi waktu kerja.
Program yang dibuat harus sederhana dan mudah dipakai oleh user atau pengguna guna untuk mempermudah proses pemakaian program itu sendiri.

B.   Rumusan Masalah
1.     Apa yang dimaksud C# ?
2.     Bagaimana sejarah C# ?
3.     Apa tujuan didesainnya C# ?
4.     Apa saja fitur-fitur bahasa dalam C# ?
5.     Apa saja fitur pemograman dalam C# ?
6.     Apa saja yang diketahui tentang C# ?
7.     Apa saja kelebihan & Kekurangan C# ?
8.     Bagaimana cara penulisan kode C# ?
9.     Apa-apa saja tipe C# ?
10.       Apa yang dimaksud dengan Variabel, kelas, abstrak kelas dan static ?
11.       Sebutkan contoh program menggunakan bahasa C#!






BAB 2
(Pembahasan)
1.  Pengertian C#
C# atau dapat di baca C Sharp, adalah salah satu bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Microsoft. Pemrograman C# sendiri dibangun dari basis pemrograman C++ dengan mendapat pengaruh berupa fitur-fitur yang terdapat di dalam bahasa pemrograman lainnya seperti : Delphi, Java dan juga Visual Basic.
     Anderls Helsberg di rekrut  oleh Microsoft untuk mengembangkan bahasa ini dan pada tahun 2000 C# pertama kali di perkenalkan.
     Pemrograman C# ini sangat bergantung dari framework .Net, sehingga sebelum menginstal applikasi yang kita bangun menggunakan visual C#, kita perlu menginstal .Net Framework.
     C# tidak hanya bisa di jalankan di Windows namun juga dapat di Install di Linux dengan menggunakan Mono. Selain itu juga terdapat IDE alternatif yang dapat kita gunakan di windows yaitu SharpDevelop.
      Bahasa pemrograman di bangun untuk tujuan General Purpose, selain itu  sederhana dan mudah untuk di pelajari.
Berikut contoh kode pemrograman C# :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Text;

namespace csharp
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            Console.WriteLine("Belajar Pemrograman C# itu menyenangkan !");
            Console.ReadLine();
        }
    }
}



2.   Sejarah

Pemrograman C# (C Sharp) dibuat oleh seorang programmer yang sukses dalam bahasa pemrograman dan alat pengembangan yang bekerja di Microsoft bernama Anders Hejlsberg sebagai pemimpin arsitek dalam tim pengembangan C#.
Pengalaman Helsberg sebelumnya dalam pendesain bahasa pemrograman seperti Visual J++, Delphi, Turbo Pascal) dengan mudah dilihat dalam sintaksis bahasa C#, begitu pula halnya pada inti Common Language Runtime (CLR). Dari kutipan atas interview dan makalah-makalah teknisnya ia menyebutkan kelemahan-kelemahan yang terdapat pada bahasa pemrograman yang umum digunakan saat ini, misalnya C++, Java, Delphi, ataupun Smalltalk. Kelemahan-kelemahan yang dikemukakannya itu yang menjadi basis CLR sebagai bentukan baru yang menutupi kelemahan-kelemahan tersebut, dan pada akhirnya memengaruhi desain pada bahasa C# itu sendiri. Ada kritik yang menyatakan C# sebagai bahasa yang berbagi akar dari bahasa-bahasa pemrograman lain. [1] Fitur-fitur yang diambilnya dari bahasa C++ dan Java adalah desain berorientasi objek, seperti garbage collection, reflection, akar kelas (root class), dan juga penyederhanaan terhadap pewarisan jamak (multiple inheritance). Fitur-fitur tersebut di dalam C# kini telah diaplikasikan terhadap iterasi, properti, kejadian (event), metadata, dan konversi antara tipe-tipe sederhana dan juga objek.
Pada akhir dekade 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai sebuah langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model (COM). Akan tetapi, akibat masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystems, Microsoft pun menghentikan pengembangan J++, dan beralih untuk membuat pengganti J++, kompilernya dan mesin virtualnya sendiri dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose. Untuk menangani proyek ini, Microsoft merekrut Anders Helsberg, yang merupakan mantan karyawan Borland yang membuat bahasa Turbo Pascal, dan Borland Delphi, yang juga mendesain Windows Foundation Classes (WFC) yang digunakan di dalam J++. Sebagai hasil dari usaha tersebut, C# pun pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemrograman modern berorientasi objek yang menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan di dalam platform Microsoft .NET Framework.

3.  Tujuan Desain
Untuk tujuan desain C#, kita langsung ke poin-poinnya saja, yakni:
Dibuat sebagai bahasa pemrograman yang bersifat general purposed ( bertujuan jamak, orientasi objek, modern namun sederhana. Keren kan ? :p
Mendukung portablilitas programmer, agar para programmer yag sudah mahir dalam bahasa C maupun C++  ga kelabakan waktu memakai bahasa C#.
C# juga cocok untuk menulis aplikasi mulai dari software yang menggunakan sistem operasi maupun aplikasi-aplikasi kecil lainnya.
C# juga bersifat ekonomis dalam hal kebutuhan proses dan memory.
Selain itu, C# telah memuat type checking yang baik, dan pengecekan variabel yang baik pula.

4.  Fitur-fitur bahasa

C# kadang-kadang dapat disebutkan sebagai bahasa pemrograman yang paling mencerminkan dasar dari CLR dimana semua program-program .NET berjalan, dan bahasa ini sangat bergantung pada kerangka tersebut sebab ia secara spesifik didisain untuk mengambil manfaat dari fitur-fitur yang tersedia pada CLR.
Alasan berikut membuat C # banyak digunakan bahasa profesional:
1.   Modern.
2.   Memiliki bahasa pemrograman yang mudah dimengerti.
3.   Memiliki sistem Object Oriented.
4.   Komponen berorientasi.
5.   Mudah untuk di pelajari.
6.   Bahasa pemrogramannya terstruktur.
7.   Menghasilkan program yang efisien.
8.   Bahasa ini dapat di compiled (dijalankan) pada berbagai platform komputer.
9.   Bagian dari NET. Framework.
10.        Memiliki dukungan untuk internasionalisasi (multi-language)


5.  Fitur Pemrograman

Meskipun struktur script dalam C # mengikuti bahasa tingkat tinggi. Bahasa pemograman C, C#, C + + dan bahasa pemrograman object-oriented lainnya, memilikikemiripan yang kuat dengan Java. Bahasa – bahasa ini juga memiliki berbagai fitur pemrograman yang kuat yang membuatnya menawan untuk banyak programmer di seluruh dunia.

6.  Tentang C#

a.    Sederhana (Simple)
C# bersifat sederhana, karena bahasa ini didasarkan kepada bahasa C dan C++. Jika anda familiar dengan C dan C++ atau bahkan Java, anda akan menemukan aspek-aspek yang begitu familiar, seperti statements, expression, operators, dan beberapa fungsi yang diadopsi langsung dari C dan C++, tetapi dengan berbagai perbaikan yang membuat bahasanya menjadi lebih sederhana.
b.   Object Oriented Language
C# memenuhi syarat-syarat sebagai sebuah bahasa pemrograman yang bersifat Object Oriented, yaitu encapsulation, inheritance dan polymorphism.
c.    Powerfull dan Fleksibel
C# bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata, grapik, spreadsheets, atau bahkan membuat kompiler untuk sebuah bahasa permrograman.
d.   Efisien
C# tidak memiliki terlalu banyak keyword, sehingga dapat mengurangi kerumitan.
e.    Modular
Kode C# ditulis dengan pembagian masing Class-Class (classes) yang terdiri dari beberapa routines yang disebut sebagai member methods. Class-Class dan metode-metode ini dapat digunakan kembali oleh program atau aplikasi lain. Hanya dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Class dan metode yang dimaksud, maka kita akan dapat membuat suata kode yang dapat digunakan oleh satu atau beberapa aplikasi dan program (reusable code)
Setelah kita membaca dan mengetahui apa itu bahasa C# dan mengapa di baca c sharp , sekarang kita harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bahasa C#:


7.   Kelebihan & Kekurangan C#

Kelebihan :

a.    Flexible: C# program dapat di eksekusi di mesin computer sendiri atau di transmiskan melalu web dan di eksekusi di computer lainnya
b.   Powerful: C# memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang lebih diperhalus sehingga memudahkan penggunanya
c.    Easier to use: C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan memberitahu dimana letak kesalahan kita bila ada kesalahan dalam aplikasi , hal ini dapat mengurangi waktu kita dalam mencari error
d.   Visually oriented: The .NET library code yang digunakan oleh C#
e.    Menyediakan bantuan yang dibutuhkan untuk membuat tampilan yang complicated dengan frames, dropdown , tabbed windows, group button , scroll bar , background image , dan lainnya
f.     Secure: Semua bahasa pemprograman yg digunakan untuk kebutuhan internet mesti memiliki security yg benar-benar aman untuk menghindari aksi kejahatan dari pihak lain seperti hacker , C# memiliki segudang fitur untuk menanganinya
g.    Memory management lebih mudah karena adanya garbage collector, yg membebaskan memory scr otomatis shg dapat mencegah memory leak
h.   Type safe, konversi implisit dari tipe data hanya mensupport turunan dan operasi dari tipe data yg melebar (misal dari int ke long, kalo int ke short tidak bisa) dan ini dideteksi pas compile.
i.     Banyak fungsi yang tersedia di Base Class Library .NET Framework
j.     .NET Framework berkembang cepat dan semakin banyak fitur yg membuat produktivitas kita bertambah, misal:linq.
k.   Untuk pengembangan aplikasi bisnis/umum atau enterprise, penggunaan C# akan lebih produktif daripada bila menggunakan C++. Bahasa C# masih merupakan turunan dari bahasa C, tetapi seolah2 dibuat lebih mudah dan produktif seperti Visaul Basic dengan tetap mempertahankan fleksibilitas dan “power” dari bahasa C.

Kekurangan C#
a.    Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
b.   Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.



8.  Bagaimana cara penulisan kode C# ?

     Dalam menulis suatu program C# selalu ingat lima struktur dasar diatas, karena bila ada salah satu struktur yang tidak ada maka kemungkinan besar terjadi error pada program kita, namun untuk struktur kedua biasanya setiap IDE akan otomatis menambahkannya pada kode kita. Sebelumya kita telah membuat program hello world, jika program tersebut kita run pasti akan keluar dan menutup dengan cepat, agar tidak langsung menutup kita perlu tambahkan perintah ReadKey, sehingga kode program tersebut menjadi;
using System;

namespace BelajarCSHARP
{
 class programHW
 {
  static void Main(string[] args)
  {
   Console.WriteLine("Hello World!");          
           
            Console.Write("Press any key to continue . . . ");
               Console.ReadKey(true);
   }
 }
}



Selanjutnya kita coba membuat program dasar yang sederhana lagi yaitu "Program Yang Meminta Input". Dalam C# untuk memberikan perintah agar program mau menerima input digunakan perintah tipe data |variabel=Console.ReadLine() , langsung saja berikut merupakan contoh kodenya,
using System;

namespace BelajarCSHARP
{
 class programHW
 {
  static void Main(string[] args)
  {
   Console.Write("Nama kamu siapa ? ");
           
           string nama = Console.ReadLine();
            Console. WriteLine("Nama kamu "+nama);
                  
            Console.Write("Press any key to continue . . . ");
               Console.ReadKey(true);
   }
 }
}


Sebelum menjalaskan kode diatas mari kita belajar memberikan komentar pada program C# terlebih dahulu, untuk memberikan komentar bisa dengan tanda " // " untuk satu baris komentar atau " /* ....*/ " untuk beberapa baris komentar, berikut contohnya beserta penjelasan kode,

// import library harus ditulis dibawah ini
 using System;

// Dibawah ini adalah nama proyek atau solution kamu

  namespace BelajarCSHARP
{
// Dibawah ini kelas kamu yang bernama "programHW" didefinisikan

  class programHW
 {
// Dibawah ini adalah deklarasi awal method, bahwa method dibawahnya atau didalamnya dimulai dari deklarasi ini.
 
  static void Main(string[] args)
  {
         
/* Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan pertanyaan, jadi segala sesuatu dalam C# yang berhubungan dengan menampilkan, pasti ada hubungannya dengan perintah Console.Write/WriteLine() */
 
  Console.Write("Nama kamu siapa ? ");

/* Dibawah ini adalah perintah untuk meminta input. "string" adalah tipe data yang berupa teks (pembahasan tipe data akan dijelaskan nanti), "nama" adalah variabel dan variabel ini bebas kamu buat dengan nama apapun namun ada ketentuan yang nanti akan dibahas, kemudian selanjutnya adalah perintah inti meminta input*/

  string nama = Console.ReadLine();
           
/*Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan program dimana diberi tanda "+" untuk menambahkan isi variabel yang akan ditampilkan*/

  Console.WriteLine("Nama kamu "+nama);
                    
//Dibawah ini adalah perintah agar program tidak langsung menutup
           
  Console.Write("Press any key to continue . . . ");
          Console.ReadKey(true);
   }
 }
}
  


9.  Apa-Apa Saja Tipe C# ?

1.   Tipe C#

C# membagi jenis menjadi 2 set yaitu: intrisic types dan user-defined types.
C# membagi jenis setnya menjadi 2 kategori: yaitu value types dan reference type. Perbedaannya yaitu di cara penyimpanannya di memori. Value type menyimpan nilai di memori di stack-nya. Alamat reverence type ditaruh di stack, tetapi objek yang sebenarnya disimpan di heap.
Setiap jenis memiliki ukuran yang spesifik dan tidah berubah. Berbeda dari C++ , C# integer selalu 4 byte karena itu memetakan ke int32 di .NET CLS.

10.               Variabel

Variabel diberikan nama, diberi nilai dan diinisialisasikan dan dideklarasikan. Anda dapat menetapkan nilai baru ke variabel setiap saat.
Contohnya:
class Values
{
static void Main( )
{
int myInt;
myInt = 7;
System.Console.WriteLine(“Assigned, myInt: {0}”, myInt);
myInt = 5;
System.Console.WriteLine(“Reassigned, myInt: {0}”, myInt);
}
}
Kita bisa membuat variabel menjadi konstan dengan cara menambahkan const. Contoh:
class Values
{
static void Main( )
{
const int FreezingPoint = 32; // degrees Farenheit
const int BoilingPoint = 212;
System.Console.WriteLine(“Freezing point of water: {0}”,
FreezingPoint );
System.Console.WriteLine(“Boiling point of water: {0}”,
BoilingPoint );
//BoilingPoint = 21;
}
}
Coding seperti berikut:
Manusia _dani = new Pria();
Mempunyai dua pekerjaan yaitu membuat pointer _dani dan membuat objek Pria().

11.               Kelas

            Kelas merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari  object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain. Kelas dibutuhkan agar coder tidak perlu mengetik coding yang sama untuk kesekian kalinya.


A.       Abstrak Kelas

Abstract class digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum dari subclass. Abstract class tidak bisa diimplementasi sama halnya dengan kelas interface. abstract class hanya bisa digunakan sebagai super class, tapi juga bisa diturunkan dari class abstract lainnya. Untuk mendeklarasikan sebuah abstract class digunakan keyword abstract, [abstract] class [class_name].
Sebuah abstract class pada dasarnya tidak jauh beda dengan class lainnya, yakni juga berisi method yang menggambarkan karakteristik dari kelas abstract tersebut, bedanya yakni sebuah abstract class bisa berisi method tanpa diimplementasikan artinya sebuah method tanpa body, methid seperti ini disebut method abstract. untuk pendeklarasiannya digunakan keyword abstract: [abstract] modifier class [class_name].
Berikut ini aturan nya :
1.   Jika sebuah kelas memiliki method abstrak maka kelas itu harus menjadi kelas abstrak.
2.   Sebuah kelas abstrak dapat saja memiliki method yang tidak abstrak.
3.   Jika sebuah kelas abstrak diturunkan menjadi kelas konkret, maka semua method abstrak dari kelas abstrak haruslah ditulis ulang / dibuat ulang di kelas konkretnya dan diberi detail dari methodnya (override).
4.   Jika method abstrak di turunkan dan kelas turunannya adalah kelas abstrak, maka tidak perlu menulis ulang method yang abstrak.

B.          Static

Static digunakan untuk membuat coding menjadi lebih mudah. Jadi selevel sama kelas, tidak perlu buat objek lagi. Static ini diperlukan pada waktu membuat fungsi.Agar tidak perlu lagi membuat objek.Jadi objek yang static atau anggota kelas dapat diakses langsung dari kelas, sementara anggota non-static hanya dapat diakses dari objek yang dibuat sendiri.
Variabel statis digunakan untuk nilai-nilai yang tidak dapat disimpan oleh variabel non statis. Contoh: seharusnya Anda ingin menyimpan hitungan berapa banyak dari sebuah kelas ada? Bagaimana Anda menyimpannya dalam satu contoh?
Metode menggunakan prinsip yang sama. Mereka harus digunakan untuk prosedur yang tidak praktis untuk dilakukan dalam sebuah instance dari kelas. Saya cenderung menggunakan mereka untuk prosedur yang luas (bukan istilah teknis), yang berarti mereka yang tidak mengharuskan saya untuk inisialisasi sebuah obyek.Misalnya, menambahkan dua parameter.
Namun, jika Anda ingin menambahkan dua sifat suatu objek, metode ini dapat tidak statis, karena ketika Anda sadari, metode statis tidak dapat mengakses metode instan atau variabel dalam kelas. Tentu saja itu masuk akal karena metode statis tidak akan tahu mana instance dari kelas yang mendapatkan ini kecuali diberitahu, karena itu bukan bagian dari sebuah contoh sendiri.

2.   Contoh Program C#

Contoh 1 :
Program menampilkan identitas mahasiswa
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace mahasiswa
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
System.Console.Write(“Masukan Nama = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan NIM = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan Jurusan = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan Alamat = \t”);
System.Console.ReadLine();
}
}
}





Contoh 2 :

Program untuk menentukan bilangan prima
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace bilangan_prima
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int angka;
int i, x;
Console.WriteLine(“Program Sederhana Bilangan Prima”);
Console.Write(“Masukkan Angka =”);
angka = int.Parse(Console.ReadLine());
if (angka == 1)
{
Console.WriteLine(“Bukan Bilangan Prima”);
}
else if (angka == 2)
{
Console.WriteLine(“Bilangan Prima”);
}
else
{
for (i = 2; i < angka; i++)
{
x = angka % i;
if (x == 0)
{
Console.WriteLine(“Bukan Bilangan Prima”);
Console.Read();
}
}
Console.WriteLine(“Bilangan Prima”);
}
Console.ReadKey();
}
}
}

Contoh 3
Program untuk menyeleksi nilai
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace if_switch_nilai
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Console.Write(“Masukan Nilai : “);
float nilai = Convert.ToSingle(Console.ReadLine());
if (0 <= nilai && nilai < 30)
Console.Write(“Predikat : Nilai rendah”);
else if (30 <= nilai && nilai < 60)
Console.Write(“Predikat : Nilai sedang”);
else
Console.Write(“Predikat : Nilai tinggi”);
Console.ReadLine();
}
}
}



  
BAB 3
(Penutup)


A.   Kesimpulan

C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++
Microsoft C# (disebut C sharp) adalah sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk membangun jangkauan aplikasi enterprise yang berjalan di atas framework .NET.Sebuah evolusi Microsoft C dan Microsoft C++, C# sederhana, modern, aman dan Object Oriented.
C# dikenal sebagai visual C# dalam Visual Studio .Net. Dukungan untuk Visual C# termasuk proyek template, desainer, halaman poperti, kode, model objek dan fitur lain dari lingkungan pengembangan.

B.   Saran
Diharapkan agar makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca terutama di kalangan mahasiswa jurusan teknik komputer.



DAFTAR PUSTAKA
  
Grizenzio.2015. Makalah Microsoft.Net Framework dan C# (sharp).Diakses pada tanggal 7 Juni 2017, 22:12 PM.

Rabbani, Mulyadi. 2012. Contoh Program C#. Diakses pada tanggal 7 Juni 2017, 22:14 PM.

Srihernan. 2014. Kumpulan Contoh Program C#. Diaskes pada tanggal 7 Juni 2017, 22:16 PM.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonymous
admin
12 April 2022 at 08:23 ×

C Programming ~ Learning Idea >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

C Programming ~ Learning Idea >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

C Programming ~ Learning Idea >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK 7r

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar