Disusun oleh :
Chaidir Syamsul
GENETIC
COMPUTER SCHOOL - UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya
saya dapat menyelesaikan makalah tentang Bahasa Pemograman C# ini dengan baik
meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga saya berterima kasih pada
Mustamin Tewa selaku Dosen mata kuliah C# Programming yang telah memberikan
tugas ini kepada saya.
Saya sangat berharap
makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita
mengenai kegunaan dari Bahasa Pemograman C# , dan juga mengenal lebih dalam
materi tersebut. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini
terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap
adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di
masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran
yang membangun.
Semoga makalah
sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.Sekiranya laporan
yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang
membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata
yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi
perbaikan di masa depan.
Makassar, 13
Juni 2017
CHAIDIR SYAMSUL
DAFTAR ISI
Halaman
Judul............................................................... i
Kata
Pengantar............................................................... ii
Daftar
Isi......................................................................... iii
BAB
1............................................................................. 1
BAB
2............................................................................. 2
BAB
3............................................................................. 19
DAFTAR
PUSTAKA.......................................................... 20
BAB 1
(Pendahuluan)
A.
Latar Belakang
Diera
modern saat ini perkembangan teknologi sangat pesat dengan demikian kegiatan
sehari-hari ini dapat lebih mudah dengan
banyaknya dibuat beberapa program sederhanauntuk aktifitas sehari-hari yang
dapat lebih efisien dan efektif tanpa memerlukan tenaga kerja yang banyak
contoh program menyeleksi nilai di bidang pendidikan agar dapat meminimalisasi
waktu kerja.
Program yang dibuat
harus sederhana dan mudah dipakai oleh user atau pengguna guna untuk
mempermudah proses pemakaian program itu sendiri.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa yang
dimaksud C# ?
2.
Bagaimana
sejarah C# ?
3.
Apa
tujuan didesainnya C# ?
4.
Apa saja
fitur-fitur bahasa dalam C#
?
5.
Apa saja fitur
pemograman dalam C#
?
6.
Apa saja yang
diketahui tentang C#
?
7.
Apa
saja kelebihan & Kekurangan C# ?
8.
Bagaimana
cara penulisan kode C# ?
9.
Apa-apa saja
tipe C# ?
10.
Apa
yang dimaksud dengan Variabel, kelas, abstrak kelas dan static ?
11.
Sebutkan
contoh program menggunakan bahasa C#!
BAB 2
(Pembahasan)
1.
Pengertian C#
C# atau dapat di baca C Sharp, adalah
salah satu bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Microsoft. Pemrograman C#
sendiri dibangun dari basis pemrograman C++ dengan mendapat pengaruh berupa
fitur-fitur yang terdapat di dalam bahasa pemrograman lainnya seperti : Delphi,
Java dan juga Visual Basic.
Anderls Helsberg di rekrut oleh Microsoft untuk mengembangkan bahasa ini dan pada tahun 2000 C# pertama kali di perkenalkan.
Pemrograman C# ini sangat bergantung dari framework .Net, sehingga sebelum menginstal applikasi yang kita bangun menggunakan visual C#, kita perlu menginstal .Net Framework.
C# tidak hanya bisa di jalankan di Windows namun juga dapat di Install di Linux dengan menggunakan Mono. Selain itu juga terdapat IDE alternatif yang dapat kita gunakan di windows yaitu SharpDevelop.
Bahasa pemrograman di bangun untuk tujuan General Purpose, selain itu sederhana dan mudah untuk di pelajari.
Berikut contoh kode pemrograman C# :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Text;
namespace csharp
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("Belajar Pemrograman C# itu menyenangkan !");
Console.ReadLine();
}
}
}
Anderls Helsberg di rekrut oleh Microsoft untuk mengembangkan bahasa ini dan pada tahun 2000 C# pertama kali di perkenalkan.
Pemrograman C# ini sangat bergantung dari framework .Net, sehingga sebelum menginstal applikasi yang kita bangun menggunakan visual C#, kita perlu menginstal .Net Framework.
C# tidak hanya bisa di jalankan di Windows namun juga dapat di Install di Linux dengan menggunakan Mono. Selain itu juga terdapat IDE alternatif yang dapat kita gunakan di windows yaitu SharpDevelop.
Bahasa pemrograman di bangun untuk tujuan General Purpose, selain itu sederhana dan mudah untuk di pelajari.
Berikut contoh kode pemrograman C# :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Text;
namespace csharp
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("Belajar Pemrograman C# itu menyenangkan !");
Console.ReadLine();
}
}
}
2. Sejarah
Pemrograman C# (C Sharp) dibuat oleh seorang programmer yang sukses dalam bahasa
pemrograman dan alat pengembangan yang bekerja di Microsoft bernama Anders
Hejlsberg sebagai pemimpin arsitek dalam tim pengembangan C#.
Pengalaman Helsberg
sebelumnya dalam pendesain bahasa pemrograman seperti Visual J++, Delphi, Turbo
Pascal) dengan mudah dilihat dalam sintaksis bahasa C#, begitu pula halnya pada
inti Common Language Runtime (CLR). Dari kutipan atas interview dan
makalah-makalah teknisnya ia menyebutkan kelemahan-kelemahan yang terdapat pada
bahasa pemrograman yang umum digunakan saat ini, misalnya C++, Java, Delphi,
ataupun Smalltalk. Kelemahan-kelemahan yang dikemukakannya itu yang menjadi
basis CLR sebagai bentukan baru yang menutupi kelemahan-kelemahan tersebut, dan
pada akhirnya memengaruhi desain pada bahasa C# itu sendiri. Ada kritik yang
menyatakan C# sebagai bahasa yang berbagi akar dari bahasa-bahasa pemrograman
lain. [1] Fitur-fitur yang diambilnya dari bahasa C++ dan Java adalah desain
berorientasi objek, seperti garbage collection, reflection, akar kelas (root
class), dan juga penyederhanaan terhadap pewarisan jamak (multiple
inheritance). Fitur-fitur tersebut di dalam C# kini telah diaplikasikan
terhadap iterasi, properti, kejadian (event), metadata, dan konversi antara
tipe-tipe sederhana dan juga objek.
Pada akhir dekade
1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai sebuah langkah
percobaan untuk menggunakan Java di dalam sistem operasi Windows untuk
meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model (COM). Akan
tetapi, akibat masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun
Microsystems, Microsoft pun menghentikan pengembangan J++, dan beralih untuk
membuat pengganti J++, kompilernya dan mesin virtualnya sendiri dengan
menggunakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose. Untuk
menangani proyek ini, Microsoft merekrut Anders Helsberg, yang merupakan mantan
karyawan Borland yang membuat bahasa Turbo Pascal, dan Borland Delphi, yang
juga mendesain Windows Foundation Classes (WFC) yang digunakan di dalam J++.
Sebagai hasil dari usaha tersebut, C# pun pertama kali diperkenalkan pada bulan
Juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemrograman modern berorientasi objek yang
menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan di dalam platform
Microsoft .NET Framework.
3. Tujuan Desain
Untuk
tujuan desain C#, kita langsung ke poin-poinnya saja, yakni:
Dibuat
sebagai bahasa pemrograman yang bersifat general purposed ( bertujuan jamak,
orientasi objek, modern namun sederhana. Keren kan ? :p
Mendukung
portablilitas programmer, agar para programmer yag sudah mahir dalam bahasa C
maupun C++ ga kelabakan waktu memakai
bahasa C#.
C# juga
cocok untuk menulis aplikasi mulai dari software yang menggunakan sistem
operasi maupun aplikasi-aplikasi kecil lainnya.
C# juga
bersifat ekonomis dalam hal kebutuhan proses dan memory.
Selain
itu, C# telah memuat type checking yang baik, dan pengecekan variabel yang baik
pula.
4. Fitur-fitur
bahasa
C# kadang-kadang
dapat disebutkan sebagai bahasa pemrograman yang paling mencerminkan dasar dari
CLR dimana semua program-program .NET berjalan, dan bahasa ini sangat
bergantung pada kerangka tersebut sebab ia secara spesifik didisain untuk
mengambil manfaat dari fitur-fitur yang tersedia pada CLR.
Alasan
berikut membuat C # banyak digunakan bahasa profesional:
1. Modern.
2. Memiliki
bahasa pemrograman yang mudah dimengerti.
3. Memiliki
sistem Object Oriented.
4. Komponen
berorientasi.
5. Mudah
untuk di pelajari.
6. Bahasa
pemrogramannya terstruktur.
7. Menghasilkan
program yang efisien.
8. Bahasa
ini dapat di compiled (dijalankan) pada berbagai platform komputer.
9. Bagian
dari NET. Framework.
10.
Memiliki dukungan untuk
internasionalisasi (multi-language)
5. Fitur Pemrograman
Meskipun
struktur script dalam C # mengikuti bahasa tingkat tinggi. Bahasa pemograman C,
C#, C + + dan bahasa pemrograman object-oriented lainnya, memilikikemiripan
yang kuat dengan Java. Bahasa – bahasa ini juga memiliki berbagai fitur
pemrograman yang kuat yang membuatnya menawan untuk banyak programmer di
seluruh dunia.
6. Tentang C#
a. Sederhana (Simple)
C#
bersifat sederhana, karena bahasa ini didasarkan kepada bahasa C dan C++. Jika
anda familiar dengan C dan C++ atau bahkan Java, anda akan menemukan
aspek-aspek yang begitu familiar, seperti statements, expression, operators,
dan beberapa fungsi yang diadopsi langsung dari C dan C++, tetapi dengan
berbagai perbaikan yang membuat bahasanya menjadi lebih sederhana.
b. Object Oriented Language
C#
memenuhi syarat-syarat sebagai sebuah bahasa pemrograman yang bersifat Object
Oriented, yaitu encapsulation, inheritance dan polymorphism.
c. Powerfull dan Fleksibel
C#
bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi pengolah
kata, grapik, spreadsheets, atau bahkan membuat kompiler untuk sebuah bahasa
permrograman.
d. Efisien
C#
tidak memiliki terlalu banyak keyword, sehingga dapat mengurangi kerumitan.
e. Modular
Kode C# ditulis
dengan pembagian masing Class-Class (classes) yang terdiri dari beberapa
routines yang disebut sebagai member methods. Class-Class dan metode-metode ini
dapat digunakan kembali oleh program atau aplikasi lain. Hanya dengan
memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Class dan metode yang dimaksud, maka
kita akan dapat membuat suata kode yang dapat digunakan oleh satu atau beberapa
aplikasi dan program (reusable code)
Setelah
kita membaca dan mengetahui apa itu bahasa C# dan mengapa di baca c sharp ,
sekarang kita harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bahasa C#:
7.
Kelebihan
& Kekurangan C#
Kelebihan
:
a. Flexible:
C# program dapat di eksekusi di mesin computer sendiri atau di transmiskan
melalu web dan di eksekusi di computer lainnya
b. Powerful:
C# memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang
lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang lebih diperhalus sehingga memudahkan
penggunanya
c. Easier
to use: C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan
memberitahu dimana letak kesalahan kita bila ada kesalahan dalam aplikasi , hal
ini dapat mengurangi waktu kita dalam mencari error
d. Visually
oriented: The .NET library code yang digunakan oleh C#
e. Menyediakan
bantuan yang dibutuhkan untuk membuat tampilan yang complicated dengan frames,
dropdown , tabbed windows, group button , scroll bar , background image , dan
lainnya
f. Secure:
Semua bahasa pemprograman yg digunakan untuk kebutuhan internet mesti memiliki
security yg benar-benar aman untuk menghindari aksi kejahatan dari pihak lain
seperti hacker , C# memiliki segudang fitur untuk menanganinya
g. Memory
management lebih mudah karena adanya garbage collector, yg membebaskan memory
scr otomatis shg dapat mencegah memory leak
h. Type
safe, konversi implisit dari tipe data hanya mensupport turunan dan operasi
dari tipe data yg melebar (misal dari int ke long, kalo int ke short tidak
bisa) dan ini dideteksi pas compile.
i. Banyak
fungsi yang tersedia di Base Class Library .NET Framework
j. .NET
Framework berkembang cepat dan semakin banyak fitur yg membuat produktivitas
kita bertambah, misal:linq.
k. Untuk
pengembangan aplikasi bisnis/umum atau enterprise, penggunaan C# akan lebih
produktif daripada bila menggunakan C++. Bahasa C# masih merupakan turunan dari
bahasa C, tetapi seolah2 dibuat lebih mudah dan produktif seperti Visaul Basic
dengan tetap mempertahankan fleksibilitas dan “power” dari bahasa C.
Kekurangan
C#
a. Banyaknya
operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan
pemakai.
b. Bagi
pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.
8.
Bagaimana
cara penulisan kode C# ?
Dalam menulis suatu program
C# selalu ingat lima struktur dasar diatas, karena bila ada salah satu struktur
yang tidak ada maka kemungkinan besar terjadi error pada program kita, namun
untuk struktur kedua biasanya setiap IDE akan otomatis menambahkannya pada kode
kita. Sebelumya kita telah membuat program hello world, jika program tersebut
kita run pasti akan keluar dan menutup dengan cepat, agar tidak langsung
menutup kita perlu tambahkan perintah
ReadKey
, sehingga kode program
tersebut menjadi;
using
System;
namespace
BelajarCSHARP
{
class programHW
{
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("Hello World!");
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}
Selanjutnya
kita coba membuat program dasar yang sederhana lagi yaitu "Program Yang
Meminta Input". Dalam C# untuk memberikan perintah agar program mau
menerima input digunakan perintah
tipe data
|variabel=Console.ReadLine()
, langsung saja berikut
merupakan contoh kodenya,
using System;
namespace BelajarCSHARP
{
class programHW
{
static void Main(string[] args)
{
Console.Write("Nama kamu siapa ? ");
string nama = Console.ReadLine();
Console. WriteLine("Nama kamu
"+nama);
Console.Write("Press any key to continue
. . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}
Sebelum
menjalaskan kode diatas mari kita belajar memberikan komentar pada program C#
terlebih dahulu, untuk memberikan komentar bisa dengan tanda " // "
untuk satu baris komentar atau " /* ....*/ " untuk beberapa baris
komentar, berikut contohnya beserta penjelasan kode,
//
import library harus ditulis dibawah ini
using System;
//
Dibawah ini adalah nama proyek atau solution kamu
namespace BelajarCSHARP
{
//
Dibawah ini kelas kamu yang bernama "programHW" didefinisikan
class programHW
{
//
Dibawah ini adalah deklarasi awal method, bahwa method dibawahnya atau
didalamnya dimulai dari deklarasi ini.
static void Main(string[] args)
{
/*
Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan pertanyaan, jadi segala sesuatu
dalam C# yang berhubungan dengan menampilkan, pasti ada hubungannya dengan
perintah Console.Write/WriteLine() */
Console.Write("Nama kamu siapa ?
");
/*
Dibawah ini adalah perintah untuk meminta input. "string" adalah tipe
data yang berupa teks (pembahasan tipe data akan dijelaskan nanti),
"nama" adalah variabel dan variabel ini bebas kamu buat dengan nama
apapun namun ada ketentuan yang nanti akan dibahas, kemudian selanjutnya adalah
perintah inti meminta input*/
string nama = Console.ReadLine();
/*Dibawah
ini adalah perintah untuk menampilkan program dimana diberi tanda "+"
untuk menambahkan isi variabel yang akan ditampilkan*/
Console.WriteLine("Nama kamu
"+nama);
//Dibawah
ini adalah perintah agar program tidak langsung menutup
Console.Write("Press any key to continue
. . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}
9. Apa-Apa Saja Tipe C# ?
1.
Tipe
C#
C#
membagi jenis menjadi 2 set yaitu: intrisic types dan user-defined types.
C# membagi jenis
setnya menjadi 2 kategori: yaitu value types dan reference type. Perbedaannya
yaitu di cara penyimpanannya di memori. Value type menyimpan nilai di memori di
stack-nya. Alamat reverence type ditaruh di stack, tetapi objek yang sebenarnya
disimpan di heap.
Setiap
jenis memiliki ukuran yang spesifik dan tidah berubah. Berbeda dari C++ , C#
integer selalu 4 byte karena itu memetakan ke int32 di .NET CLS.
10.
Variabel
Variabel
diberikan nama, diberi nilai dan diinisialisasikan dan dideklarasikan. Anda
dapat menetapkan nilai baru ke variabel setiap saat.
Contohnya:
class
Values
{
static
void Main( )
{
int
myInt;
myInt
= 7;
System.Console.WriteLine(“Assigned,
myInt: {0}”, myInt);
myInt
= 5;
System.Console.WriteLine(“Reassigned,
myInt: {0}”, myInt);
}
}
Kita
bisa membuat variabel menjadi konstan dengan cara menambahkan const. Contoh:
class
Values
{
static
void Main( )
{
const
int FreezingPoint = 32; // degrees Farenheit
const
int BoilingPoint = 212;
System.Console.WriteLine(“Freezing
point of water: {0}”,
FreezingPoint
);
System.Console.WriteLine(“Boiling
point of water: {0}”,
BoilingPoint
);
//BoilingPoint
= 21;
}
}
Coding
seperti berikut:
Manusia
_dani = new Pria();
Mempunyai
dua pekerjaan yaitu membuat pointer _dani dan membuat objek Pria().
11.
Kelas
Kelas merupakan suatu blueprint
atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu
object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object
lain. Kelas dibutuhkan agar coder tidak perlu mengetik coding yang sama untuk
kesekian kalinya.
A. Abstrak Kelas
Abstract class
digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum dari subclass. Abstract
class tidak bisa diimplementasi sama halnya dengan kelas interface. abstract
class hanya bisa digunakan sebagai super class, tapi juga bisa diturunkan dari
class abstract lainnya. Untuk mendeklarasikan sebuah abstract class digunakan
keyword abstract, [abstract] class [class_name].
Sebuah
abstract class pada dasarnya tidak jauh beda dengan class lainnya, yakni juga
berisi method yang menggambarkan karakteristik dari kelas abstract tersebut,
bedanya yakni sebuah abstract class bisa berisi method tanpa diimplementasikan
artinya sebuah method tanpa body, methid seperti ini disebut method abstract.
untuk pendeklarasiannya digunakan keyword abstract: [abstract] modifier class
[class_name].
Berikut ini aturan nya :
1. Jika
sebuah kelas memiliki method abstrak maka kelas itu harus menjadi kelas
abstrak.
2. Sebuah
kelas abstrak dapat saja memiliki method yang tidak abstrak.
3. Jika
sebuah kelas abstrak diturunkan menjadi kelas konkret, maka semua method
abstrak dari kelas abstrak haruslah ditulis ulang / dibuat ulang di kelas
konkretnya dan diberi detail dari methodnya (override).
4. Jika
method abstrak di turunkan dan kelas turunannya adalah kelas abstrak, maka
tidak perlu menulis ulang method yang abstrak.
B.
Static
Static digunakan untuk membuat coding
menjadi lebih mudah. Jadi selevel sama kelas, tidak perlu buat objek lagi.
Static ini diperlukan pada waktu membuat fungsi.Agar tidak perlu lagi membuat
objek.Jadi objek yang static atau anggota kelas dapat diakses langsung dari
kelas, sementara anggota non-static hanya dapat diakses dari objek yang dibuat
sendiri.
Variabel statis
digunakan untuk nilai-nilai yang tidak dapat disimpan oleh variabel non statis.
Contoh: seharusnya Anda ingin menyimpan hitungan berapa banyak dari sebuah
kelas ada? Bagaimana Anda menyimpannya dalam satu contoh?
Metode menggunakan
prinsip yang sama. Mereka harus digunakan untuk prosedur yang tidak praktis
untuk dilakukan dalam sebuah instance dari kelas. Saya cenderung menggunakan
mereka untuk prosedur yang luas (bukan istilah teknis), yang berarti mereka
yang tidak mengharuskan saya untuk inisialisasi sebuah obyek.Misalnya,
menambahkan dua parameter.
Namun,
jika Anda ingin menambahkan dua sifat suatu objek, metode ini dapat tidak
statis, karena ketika Anda sadari, metode statis tidak dapat mengakses metode
instan atau variabel dalam kelas. Tentu saja itu masuk akal karena metode
statis tidak akan tahu mana instance dari kelas yang mendapatkan ini kecuali
diberitahu, karena itu bukan bagian dari sebuah contoh sendiri.
2. Contoh Program C#
Contoh 1 :
Program
menampilkan identitas mahasiswa
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace mahasiswa
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
System.Console.Write(“Masukan Nama = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan NIM = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan Jurusan = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan Alamat = \t”);
System.Console.ReadLine();
}
}
}
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
System.Console.Write(“Masukan Nama = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan NIM = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan Jurusan = \t”);
System.Console.ReadLine();
System.Console.Write(“Masukan Alamat = \t”);
System.Console.ReadLine();
}
}
}
Contoh 2 :
Program
untuk menentukan bilangan prima
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace bilangan_prima
{
class Program
{
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int angka;
int i, x;
Console.WriteLine(“Program Sederhana Bilangan Prima”);
Console.Write(“Masukkan Angka =”);
angka = int.Parse(Console.ReadLine());
if (angka == 1)
{
Console.WriteLine(“Bukan Bilangan Prima”);
}
else if (angka == 2)
{
Console.WriteLine(“Bilangan Prima”);
}
{
int angka;
int i, x;
Console.WriteLine(“Program Sederhana Bilangan Prima”);
Console.Write(“Masukkan Angka =”);
angka = int.Parse(Console.ReadLine());
if (angka == 1)
{
Console.WriteLine(“Bukan Bilangan Prima”);
}
else if (angka == 2)
{
Console.WriteLine(“Bilangan Prima”);
}
else
{
for (i = 2; i < angka; i++)
{
x = angka % i;
{
for (i = 2; i < angka; i++)
{
x = angka % i;
if (x == 0)
{
Console.WriteLine(“Bukan Bilangan Prima”);
{
Console.WriteLine(“Bukan Bilangan Prima”);
Console.Read();
}
}
Console.WriteLine(“Bilangan Prima”);
}
Console.ReadKey();
}
}
}
}
}
Console.WriteLine(“Bilangan Prima”);
}
Console.ReadKey();
}
}
}
Contoh 3
Program
untuk menyeleksi nilai
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace if_switch_nilai
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Console.Write(“Masukan Nilai : “);
float nilai = Convert.ToSingle(Console.ReadLine());
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Console.Write(“Masukan Nilai : “);
float nilai = Convert.ToSingle(Console.ReadLine());
if (0 <= nilai && nilai <
30)
Console.Write(“Predikat : Nilai rendah”);
else if (30 <= nilai && nilai < 60)
Console.Write(“Predikat : Nilai sedang”);
else
Console.Write(“Predikat : Nilai tinggi”);
Console.ReadLine();
}
}
}
Console.Write(“Predikat : Nilai rendah”);
else if (30 <= nilai && nilai < 60)
Console.Write(“Predikat : Nilai sedang”);
else
Console.Write(“Predikat : Nilai tinggi”);
Console.ReadLine();
}
}
}
BAB 3
(Penutup)
A. Kesimpulan
C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah
bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft
sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini
dibuat berbasiskan bahasa C++
Microsoft C# (disebut C sharp) adalah
sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk membangun jangkauan aplikasi
enterprise yang berjalan di atas framework .NET.Sebuah evolusi Microsoft C dan
Microsoft C++, C# sederhana, modern, aman dan Object Oriented.
C# dikenal sebagai visual C# dalam
Visual Studio .Net. Dukungan untuk Visual C# termasuk proyek template,
desainer, halaman poperti, kode, model objek dan fitur lain dari lingkungan
pengembangan.
B.
Saran
Diharapkan agar
makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca terutama di kalangan mahasiswa
jurusan teknik komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Grizenzio.2015.
Makalah Microsoft.Net Framework dan C# (sharp).Diakses pada tanggal 7 Juni
2017, 22:12 PM.
Rabbani,
Mulyadi. 2012. Contoh Program C#. Diakses pada tanggal 7 Juni 2017, 22:14 PM.
Srihernan.
2014. Kumpulan Contoh Program C#. Diaskes pada tanggal 7 Juni 2017, 22:16 PM.
1 komentar:
Click here for komentarC Programming ~ Learning Idea >>>>> Download Now
>>>>> Download Full
C Programming ~ Learning Idea >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
C Programming ~ Learning Idea >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK 7r
ConversionConversion EmoticonEmoticon